ditetapkan (Utomo, Tri Widodo)
Tujuan dan Manfaat penilaian kinerja :
- Performance Improvement ---> memungkinkan pegawai dan manajer untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja
- Compensation Adjustment ---> membantu pengambil keputusan untuk menentukan siapa saja yg berhak meneriman kenaikan gaji
- Placement decision ---> Menentukan promosi, transfer, dan demosi
- Training and Development needs ---> mengevaluasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan
- Career planning & development ---> memandu untuk menentukan jenis dan potensi karir yang dapat dicapai
- Staffing process deficiencies ---> mempengaruhi proses perekrutan pegawai
- Informational inaccuracoes and job‐design errors ---> membantu menjelaskan kesalahan
- Equal employment opportunity ---> menunjukkan tidak adanya perbedaan/diskriminasi dalam penempatan
- External challenges --->mengetahui faktor luar yg mengganggu kinerja pegawai
- Feedback ---> umpan balik untuk individu/perusahaan
Standar Kinerja (Performance Standart)
- Validitas ---> keabsahan standar penilaian (sesuai dan relevan dengan jenis pekerjaan yg akan dinilai)
- Agreement --->standart penilaian disetujui dan diterima oleh semua pegawai
- Realistis ---> dapat dicapai sesuai dengan kemampuan
- Obyektif ---> Mampu mencerminkan keadaan yg sebenarnya tanpa menambah/mengurangi kenyataan
- People‐based criteria ---> dibuat berdasarkan kemampuan pribadi
- Product‐based criteria ---> kriteria dibuat berdasarkan jenis output yang akan dicapai
- Behaviour‐based criteria ---> dibuat berdasarkan perilaku‐perilaku yg diharapkan sesuai dengan aspek‐aspek hukum, dan etika
- Menggunakan sistem penilaian yg relevan

Metode Penilaian kinerja :
- Rating Scales ---> menilai pekerja dengan menggunakan skala (pendekatan komparatif)
- Critical Incidents ---> pencapaian/perilaku terbai dan terburuk (pendekatan perilaku)
- Essay ---> penilai memberikan deskripsi mengenai kekuatan dan kelemahan pihak yg dinilai (pendekatan perilaku)
- Forced distribution ---> pengelompokan pekerja berdasarkan katagori (pendekatan komparatif)
- Behaviorally Anchored Rating Scale (BARS) ---> Menilai pekerja berdasarkan jenis perilaku kerja yang mencerminkan dimensi kinerja dan membuat skalanya. (pendekatan atribut)
- Work standar ---> membandingkan kinerja dengan standar yang telah ditetapkan (pendekatan komparatif)
0 komentar:
Posting Komentar